Kamis, 27 Juli 2017

Aplikasi pengolahan database batuan tambang berbasis desktop pada PT.Geoservices(sample preparation facility)

BAB I
 PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
            PT.GEOSERVICES Sample Preparation Facility merupakan perusahaan swasta nasional yang bergerak dibidang pertambangan dan berpusat di Jakarta. PT.GEOSERVICES Sample Preparation Facility memiliki agen diseluruh Indonesia salah satu agennya yang berada di kota Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT). Pertambangan yang dimaksud adalah penerimaan jenis batuan (sample) dari perusahaan lain yang sama-sama bergerak dibidang pertambangan, kemudian diolah oleh PT.GEOSERVICES Sample Preparation Facility.  
            PT.GEOSERVICES Sample Preparation Facility memiliki ruang laboratorium yang dipakai untuk mengolah dan menganalisis sample yang terdiri dari : rock, soil, sand, pulp, drill core, percussion, dan other (manganese ore package, rockchip, rock-mn-rock, soil & drill core, core sample, cs, Hcore, BLA).  Proses pengolahan sample ini dimulai dari penimbangan berat batu basah dan kering. Pengeringan batu berlangsung selama 8 (delapan) jam, kemudian batuan tersebut dihancurkan. Ada tiga tahap pengolahan yaitu penghancuran batuan, penghalusan batuan dan pembersihan batuan yang berarti mencapai hasil yang maksimal untuk ditimbang masing-masing sample beratnya 200 gram, dan kemudian  setelah diolah maka sample akan dikirim ke Jakarta menggunakan pesawat.
            Di era globalisasi ini semua instansi sudah bergerak di bidang IT (Information Technologi) dimana semuanya sudah berbasis komputer.  Komputer merupakan alat bantu yang mempermudah segala kinerja manusia, agar tidak membuang waktu untuk menulis.
                        Pada PT.GEOSERVICES Sample Preparation Facility data-data perusahaannya sudah disimpan pada komputer tapi masih menggunakan aplikasi Microsoft excel. Setiap penerimaan sample dari berbagai perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan masing-masing perusahaan memiliki preparation worksheet yang berbeda-beda. Preparation Work Sheet dikerjakan dalam bentuk file excel. Total seluruh Preparation Work Sheet dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2016  sebanyak 110 (seratus sepuluh) worksheet. Di dalam worksheet tersebut terdapat 3 (tiga) data yaitu sample receipt, sample submission dan preep sheet. PT.GEOSERVICES Sample Preparation Facility memilik 10 (Sepuluh) kategori barang yang didata yakni: prep equipment-jaw crusher, household supplies, office supplies, medical supplies, safety sign, mechanical and electrical, prep consumables, laboratory consumables, homestay, dan safety PPE. Kesepuluh kategori tersebut disimpan dengan cara gabung, sehingga ketika melakukan pencarian akan sangat sulit ditemukan. Akibatnya saat pimpinan tiba-tiba meminta data preparation work sheet maupun data kategori barang-barang perusahaan, admin harus mencari satu persatu dengan membuang banyak waktu sekitar 00.1.54 (satu menit lima puluh empat detik) untuk mencari data preparation work sheet dari masing-masing sample dari satu perusahaan dalam 1 (satu) tahun yang terdapat 27 (dua puluh tujuh) preparation work sheet. Total waktu yang dibutuhkan untuk mencari keseluruhan data preparation work sheet dari salah satu perusahaan adalah sebanyak 02.40.4 (dua jam lewat empat puluh menit empat detik).
            Oleh sebab itu untuk mempermudah admin, maka dalam penyusunan tugas Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini, penulis akan membuat sebuah sistem komputerisasi yang berjudul “Aplikasi Pengolahan Database Batuan Tambang Berbasis Desktop pada PT.GEOSERVICES Sample Preparation Facility Kupang”, yang dapat memudahkan admin untuk mengolah data perusahaan dan tidak membuang banyak waktu hanya untuk melakukan pencarian data preparation worksheet maupun data kategori barang. Tools yang dipakai untuk pembuatan aplikasi adalah menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 2008 dan MYSQL sebagai database.
1.2.Permasalahan
            Bagaimana merancang dan membuat sebuah aplikasi pengolahan database batuan tambang berbasis desktop pada PT.GEOSERVICES Sample Preparation Facility Kupang.
1.3.Batasan Masalah
1.                  Aplikasi ini tidak untuk pengiriman
2.                  Aplikasi ini digunakan untuk mendata keseluruhan jenis batuan (sample), dan inventaris barang.

1.4.Tujuan Penulisan

            Tujuan penulisan ini adalah untuk merancang dan membuat sebuah aplikasi pengolahan database batuan tambang berbasis desktop pada PT.GEOSERVICES Sample Preparation Facility Kupang NTT. Diharapkan dapat memudahkan admin untuk mengolah data perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LANGKAH LANGKAH MEMBUAT PAKAN TERNAK BABI

ALAT DAN BAHAN PERSIAPAN UNTUK PEMBUATAN PAKAN  TERNAK BABI Perlu diketahui alat dan bahan yang digunakan untuk praktek pakan ternak babi me...