Senin, 11 Februari 2019

MATERI PERANGKAT KERAS (HARDWARE)

Kata kunci: hardware, software,cpu(prosesor), RAM, ROM, Harddisk, Flash Drive, CD, DVD, Blu-Ray Disk, Mother board, Sound Card, VGA card, Speaker, Printer, Mouse, Keyboard, joystick, monitor, touchpad,pointing stick, trackball, kamera digital, mikrofon, scanner, webcam,LCD projector, modem, LAN card, Bluetooth,wifi Card

Perangkat input
1.      Keyboard

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari keyboard:
·         Menginput karakter ke dalam komputer
·         Menulis sebuah dokumen
·         Sebagai tombol shortcut
·         Sebagai tombol command (tombol function, tombol enter, dan sebagainya)
2.      Mouse
Perangkat input komputer yang kedua adalah mouse. Mouse merupakan salah satu perangkat yang fungsinya sangat luar biasa, penting dan juga vital, meskipun memiliki ukuran yang sangat kecil. Saat ini, muse komputer sudah menggunakan teknologi laser, sehingga mouse menjadi lebih ringan, bisa dibawa kemana – mana, dan juga menjadi lebih sensitive. Saat ini mouse juga memiliki banyak pilihan, mulai dari mouse khusus gaming dan desain, mouse standar office, hingga mouse yang memiliki bentuk dan warna yang menarik (mouse fancy).
Fungsi dari mouse :
Berikut ini adalah beberapa fungsi penting dari sebuah mouse :
·         Menggerakan kursor
·         Melakukan seleksi terhadap objek dan juga file
·         Mengeksekusi file dan aplikasi
·         Melakukan pengeditan, seperti rename dan copy paste
·         Membuka menu dan juga properties dari sebuah file atau aplikasi.
Fungsi mouse pada perangkat komputer yang lainnya juga dapat memudahkan user mengerjakan pekerjaan menjadi lebih rinci, terlebih user yang membuat desain grafis yang tentunya menggunakan fungsi keyboard dan fungsi mouse secara bersamaan.
3.      Scanner
Scanner adalah alat untuk memindai benda (tulisan, gambar, benda hidup, atau mati) ke bentuk format digital. Seiring perkembangan teknologi, scanner pun mengalami perubahan baik dalam bentuk maupun fungsinya



Fungsi dari Scanner :
Berikut ini adalah beberapa fungsi utama dari penggunaan scanner :
·         Memindai objek berbentuk fisik di dalam sebuah kertas ke dalam komputer
·         Mengubah format dari kertas secara fisik menjadi bentuk digital
·         Memindai kode – kode tertentu, seperti barcode
Teknologi scanner berasal dari teknologi yang diusung oleh mesin Fax dan Telephotography. Pantelegraph (Italia: pantelegrafo; Perancis: pantélégraphe) merupakan bentuk awal dari mesin facsimile (mesin fax) yang “menyalurkan” data melalui kabel telegraf. Diciptakan oleh Giovanni Caselli, dan mulai dipasarkan pada tahun 1860-an. Alat ini menggunakan gelombang elektromagnetik untuk membaca permukaan benda yang dipindai dan kemudian diterjemahkan ke bentuk digital lewat teknik telegraf. Alat awal ini mampu membaca tulisan, tanda tangan dan gambar seluas 150 x 100 mm. Kemudian pada tahun 1913, Édouard Belin, mengembangkan teknologi ini dengan menyalurkannya melalui kabel telepon yang lebih cepat, dan mampu mengirim data lebih besar dibanding kabel telegraf. Belinograf menggunakan “photo cell” untuk membaca benda, sudah tidak menggunakan gelombang elektromagnetik lagi. Keunggulan “photo cell” adalah mampu membaca dan mengirim data secara terpisah menjadi gelombang RGB(Red Green Blue). Teknologi inilah yang merupakan nenek moyang scanner modern yang ada sekarang.
Jenis scanner dibagi berdasarkan beberapa kelas besarnya, yaitu:
1. Scanner Drum 
Scanner drum menggunakan teknologi photomultiplier tubes (PMT) untuk membaca objek yang ingin dipindai. Scanner drum ini biasanya digunakan untuk menscan gambar berukuran besar, walaupun bisa juga untuk gambar ukuran kecil.
Kelebihan scanner jenis ini merupakan yang terbaik untuk menghasilkan pindaian gambar yang detil, akurat, dan kelebihan paling utama jenis scanner ini adalah hampir tidak mempunyai getaran sama sekali seperti jenis scanner lainnya, sehingga pada proses pindai tidak akan mempengaruhi hasil pindai karena getaran alat. Jenis scanner ini bisa menghasilkan resolusi pindai hingga 24.000 ppi.
Kekurangan jenis scanner ini adalah ukurannya yang besar dan harga yang amat mahal, dan terbatasnya jenis objek yang bisa dipindai.
2. Scanner Flatbed
Jenis scanner ini menggunakan teknologi CCD(Charge Coupled Device) atau CIS (Contact Image Sensor) sebagai “mata” dalam membaca objek yang dipindai. Scanner ini paling banyak ditemukan dan digunakan, karena teknologinya bisa dibilang cukup murah dan sudah umum digunakan.
Kelebihan scanner ini adalah karena teknologi CCD dan CIS hanya membutuhkan daya yang amat rendah dalam pengoperasiannya, sehingga amat sering digunakan dengan komputer dengan mengambil listrik dan menyalurkan data dari colokan USB komputer. Hasil scan jenis scanner ini terbilang cukup bagus untuk kebutuhan scan gambar dan foto atau dokumen.
Kekurangan jenis scanner ini adalah keterbatasan scan hanya pada 1 sisi objek. Tidak efektif apabila digunakan dalam memindai dokumen atau gambar dalam jumlah yang banyak. Adapun pengembangan jenis scanner ini ke pengkhususan kebutuhan pindai, seperti Scanner Buku, Scanner Ukuran Besar A3.
Scanner Film
Walaupun menggunakan teknologi mata scanner yang sama dengan scanner jenis flatbed, yaitu CCD(Charge Coupled Device) akan tetapi perbedaannya adalah scanner ini memindai dan mengkonversi data dari film negatif atau film positif (slide) dengan baik.
Kelebihan scanner ini adalah mampu menghasilkan hasil pindai yang amat baik dan berukuran besar karena dipindai dari objek “sumber”, film negatif.
Kekurangan scanner ini adalah harga yang cukup mahal dan hanya untuk memindai objek berupa film saja.
4.      Scanner Roller
Perbedaan jenis scanner ini yang paling mendasar adalah caranya “menarik” dokumen. Kalau scanner jenis flatbed menggerakkan “mata” scanner, sedangkan jenis Scanner Roller ini “menarik” dokumen untuk dilewati diatas mata scanner. Proses ini menghasilkan penarikan dokumen yang cepat, sehingga efisien dalam memindai dokumen berjumlah banyak.
Scanner jenis ini dibagi dalam 2 kelompok lagi, yaitu ADF (Automatic Document Feeder) dan Sheet Feed, sebagai berikut:
a.      Scanner ADF (Automatic Document Feeder)

Scanner ADF ini adalah scanner jenis baru yang dikembangkan khusus untuk pemindaian dokumen dalam jumlah yang banyak. Scanner ini memiliki “tempat” untuk meletakkan dokumen yang ingin dipindai yang kemudian akan “ditarik” secara otomatis untuk dipindai, tidak seperti scanner jenis Flatbed yang mengharuskan meletakkan satu per-satu dokumen yang ingin dipindai.
Kelebihan scanner jenis ini adalah efisiensi dalam pemindaian dokumen dalam jumlah banyak, yang biasa amat dibutuhkan dalam perusahaan modern. Dan bahkan karena adanya tempat untuk dokumen maka menghasilkan posisi pindai yang tepat di setiap dokumennya, sehingga sekarang banyak muncul kemudahan yang bisa ditawarkan dalam scanner jenis ini, seperti contohnya: Scanner Periksa Nilai LJK dan Scanner Faktur Pajak.
Kekurangan scanner jenis ini adalah harga yang cukup mahal dan mempunyai bagian scanner yang harus diganti setelah melakukan pemindaian dalam jumlah tertentu, yaitu: PaperPad dan Roller nya, walaupun begitu harga spare-part nya terjangkau dan mudah diganti.
b.      Scanner Sheet Feed
Scanner Roller jenis Sheet Feed mirip dengan cara kerja Scanner ADF, akan tetapi tidak mempunyai “tempat” untuk meletakkan kertas/dokumen, dimana dalam proses pindai mengharuskan kita memasukkan kertas satu per-satu. Scanner jenis ini lebih dikenal dengan nama Scanner Mobile / Scanner Notebook / Scanner Portable.
Kelebihan scanner ini karena bentuknya yang kecil dan kebutuhan daya listrik yang kecil, hingga mudah dibawa kemana-mana dan biasanya digunakan dengan laptop/notebook. Proses pengiriman data dan daya listrik cukup menggunakan USB-port komputer atau laptop anda. Mobilitas yang tinggi dan tidak adanya ketergantungan dari stabilitas tangan kita.
Kekurangan jenis scanner ini adalah terbatasnya ukuran dokumen yang dipindai, juga mempunyai spare-part yang harus diganti setelah penggunaan tertentu.
 Scanner Tangan
a.      Scanner Tangan
Cara pindai scanner jenis ini adalah menggerakannya dengan tangan secara manual pada suatu objek/dokumen.
Kelebihan scanner jenis ini adalah mobilitas yang tinggi menawarkan kemudahan dalam proses memindai suatu objek pada permukaan mana pun. Dan harga yang cukup murah.
Kekurangan scanner jenis ini adalah ketergantungannya dalam stabilitas tangan kita dalam melakukan pemindaian, terlalu cepat, miring, dan permukaan pindai yang tidak rata dapat menghasilkan gambar yang terdistorsi sampai tidak terbaca. Sehingga Scanner Sheet Feed biasanya menjadi pilihan penggantinya. 
b.      scanner 3d (3 dimensi)
Membantu mengurangi ke-tidak stabilan tangan manusia dengan meletakkan patokan-patokan pada tempat ditaruhnya objek pindai.
Kelebihan scanner jenis ini memberikan kemudahan dalam memindai kode-kode, tulisan atau objek dengan tidak menyentuhnya sama sekali. Biasa digunakan pada objek yang sangat langka atau mudah rusak, sehingga tidak boleh disentuh sama sekali.
Kekurangan jenis scanner ini adalah harganya yang amat mahal dan membutuhkan alat pendukung (komputer) dengan spesifikasi yang tinggi.




Beberapa scanner yang termasuk scanner 3D :
v  Barcode scanner
v  Planetary Scanner / Orbital Scanner




v  CT-Scanner
4.      Joystick
Joystick merupakan perangkat input komputer yang fungsinya mirip seperti mouse. Joystick merupakan salah satu perangkat input komputer yang populer dikalangan gamer komputer. Dengan adanya joystick ini maka pengalaman gamer dalam bermain game di dalam komputer menjadi lebih baik.
Fungsi dari Joystick :
·         Menggerakkan kursor pada game
·         Untuk control terhadap permainan
·         Mendukung penggunaan fitur dalam permainan, karena memilki banyak tombol Sebagai pengganti keyboard dalam bermain game di dalam komputer

Jika bermain game dalam komputer tak menggunakan perangkat keras yang satu ini, bukan tidak mungkin komputer akan cepat rusak terlebih bahaya main game online di laptop yang dapat mengakibatkan penyebab kerusakan harddisk yang cukup parah.
5.      Touchpad
Touchpad merupakan salah satu teknologi input komputer yang umum dijumpa pada sebuah laptop aau komputer jinjing. Touchpad merupakan sebuah pad atau alas yag sensitive terhadap sentuhan, terutama sentuhan kulit, meskipun tidak se-sensitive layar touchscreen. Touchpad merupakan salah satu perangkat input standar di dalam laptop, notebook dan netbook.
Fungsi dari Touchpad :
Touchpad sendiri memiliki beberapa fungsi. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari touchpad :
·         Menggantikan fungsi dari sebuah mouse
·         Menggerakkan kursor
·         Melakukan seleksi terhadap objek
·         Melakukan pengeditan terhadap objek
·         Menampilkan menu pada sebuah file
·         Mengeksekusi sebuah file.
6.     
Scroll Bar
Trackball
Trackbal
Trackball yang dimaksud disini adalah sebuah bola kecil yang berada pada mouse, yang terletak diantara tombol kiri dan juga kanan dari sebuah mouse. Trackball ini juga sering dikenal dengan nama scroll bar. Merupakan salah satu fitur standar yang dimiliki oleh sebuah mouse modern, yang sangat membantu mempermudah pekerjaan usernya di depan komputer.
Fungsi dari Trackball
Berikut ini adalah beberapa fungsi dari sebuah trackball di dalam mouse :
·         Melakukan scrolling pada sebuah halaman, baik halaman dokumen maupun halaman sebuah situs
·         Membuka tab baru, pada web browser
·         Menaikkan dan juga menurunkan volume suara
·         Melakukan zoom in dan juga zoom out
7.      Light pen / Touch Pen
Light pen atau juga sering dikenal dengan touch pen atau stylus merupakan sebuah alat input yang berbentuk seperti pena. Dengan ujung khusus, yang sengaja di desain untuk sebuah komputer yang sifatnya touch screen. Dengan menggunakan touch pen ini, anda tidak perlu menggunakan mouse untuk melakukan pengeditan. Touchpen biasa digunakan pada komputer komputer yang digunakan untuk kepentingan desain, dan juga kepentingan penelitian.
Fungsi dari touch pen
Touch pen sendiri memiliki beberapa fungsi yang penting. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari touch pen :
·         Melakukan seleksi terhadap objek
·         Membuat gambar atau objek tertentu di dalam program
·         Memindahkan objek
·         Menggantikan fungsi dari mouse pada layar touch screen
·         Menjaga agar layar touch screen tidak rusak apabila hanya menggunakan jari


8.      Web Cam
Siapa tak kenal web cam? Web cam merupakan sebuah kamera kecil yang biasa di letakkan di dalam sebuah komputer. Pada laptop, webcam merupakan salah satu perangkat input standar yang ditanamkan. Sedangkan pada komputer desktop, webcam merupakan salah satu perangkat input tambahan.
Fungsi webcam
Webcam memiliki banyak sekali fungsi. Beikut ini adalah beberapa fungsi dari webcam :
·         Melakukan video call
·         Selfie
·         Sebagai kamera pengintai
·         Video chatting
9.      Microphone
Microphone adalah perangkat iput komputer berikutnya. Microphone adalah sebuah perangkat input yang bertugas untuk mendeteksi gelombang suara dari user komputer, yang kemudian diolah ke dalam bentuk digital. Microphone merupakan fitur perangkat input standar pada sebuah laptop, dan merupakan fitur perangkat tambahan pada komputer desktop.
Fungsi dari microphone
Microphone merupakan perangkat yang cukup jarang digunakan, namun memiliki fungsi yang penting, yaitu :
·         Mengubah gelombang suara menjadi sinyal digital
·         Melakukan voice call over internet (VOIP)
·         Merekam suara user
·         Untuk memberikan command atau perintah kepada program tertentu
10.  Graphic Pads
Graphic Pad merupakan alat input komputer, yang bentuknya mirip seperti touchpad, namun lebih besar dan jauh lebih sensitive. Graphic Pad ini cukup jarang digunakan, karena hanya digunakan untuk kepentingan tertentu saja. Graphic Pad menggunakan stylus atau Touch Pen untuk media inputnya, dan kebanyakan digunakan untuk kepentingan desain, dan sangat membantu mempermudah user dalam membuat sebuah gambar, dan juga menulis tangan didalam komputer.







Alat Proses
Alat proses yaitu alat dimana instruksi-instruksi program diproses untuk mengolah data yang sudah di masukkan lewat alat input dan hasilnya akan ditampilkan pada alat output.
Alat proses terdiri dari:
1.      Motherboard
Motherboard merupakan perangkat computer yang berfungsi sebagai tempat perangkat- perangkat yang lain seperti prosesor, memori (RAM), Harddisk, VGA Card, Mouse, Keyboard dan LAN card (Local Area Network) melekat. Dilengkapi dengan slot-slot dan juga memiliki jalur-jalur koneksi yang memungkinkan perangkat-perangkat computer berkomunikasi satu sama lain.
Cara Memilih Motherboard Yang Bagus Dan berkualitas
Motherboard memiliki 3 kelas, yaitu motherboard value, mainstream, dan high end. Value berarti motherboard tersebut memiliki spesifikasi  dengan harga yang terjangkau, baik digunakan untuk keperluan standar, seperti administrasi. Mainstream yaitu  kelas motherboard menengah, digunakan untuk home entertainment dan high end untuk gaming/server.



Berikut ini adalah tips dalam memilih Motherboard yang baik :
a.      Sesuaikan ukuran Motherboard dengan chassis casing dan power supply komputer anda.
Beberapa tipe Motherboard tidak sesuai tempat peletakannya pada komputer. Motherboard yang memiliki banyak fitur tambahan umumnya berukuran lebih besar, sehingga membutuhkan ruang yang lebih banyak didalam casing PC anda.
Perhatikan juga jumlah pin power pada Motherboard, apakah 20 pin atau 24 pin. Umumnya power supply jenis lama hanya dilengkapi dengan 20 pin saja, sehingga anda terpaksa harus mengganti power supply anda dengan 24 pin bila anda membeli Motherboard ini.
b.      Pilih Motherboard dengan fitur-fitur yang anda butuhkan saja.
Banyak motherboard yang dilengkapi dengan segudang fitur tambahan (onboard), seperti slot PCI-Express ganda, 6 slot memori, 8 channel audio. Motherboard jenis ini harganya lebih mahal, namun anda tidak menggunakan seluruh fiturnya dengan lengkap, alias mubazir. Dan Motherboard jenis ini lebih memboroskan banyak listrik anda. Umumnya sebuah motherboard sudah dilengkapi dengan fitur seperti VGA, LAN, yang sudah terintegrasi.
Perhatikan juga bila anda ingin membeli kartu grafis (VGA Card) tambahan, usahakan tetap memilih Motherboard yang sudah terintegrasi  VGA nya (onboard), maksudnya yaitu apabila suatu saat VGA Card anda rusak, anda tetap bisa menggunakan komputer, tanpa harus memasang VGA Card.
c.       Pilih Motherboard dengan kompatibilitas tinggi.
Maksudnya kompatibilitas tinggi yaitu, motherboard tersebut dapat cocok dengan semua jenis hardware dan software terkini. Sehingga memudahkan anda untuk memilih apa-apa saja yang bakal dipasang didalamnya. Misalnya, motherboard yang support dengan prosesor jenis baru dan lama seperti chipset AM2/AM3, ataupun operating system Windows 7.
Pastikan CD Driver yang disertakan up to date. Memiliki motherboard dengan kompatibilitas tinggi juga akan memudahkan anda bila berencana ingin melakukan upgrade komputer anda dimasa yang akan datang.
d.      Pilihlah chipset dan komponen Motherboard yang baik dan awet umurnya.
Chipset merupakan jantung dari Motherboard. Chipset yang ditawarkan umumnya merk seperti Intel, SIS, Via, Nvidia. Usahakan memilih chipset yang terbaru, misalnya  mendukung prosesor jenis baru, memory DDR2/DDR3, Hard Disk SATA, dsb.
Pilihlah motherboard yang memiliki solid kapasitor, artinya komponen kapasitornya didesain padat, dan tidak mudah bocor. Kapasitor jenis ini selalu dipasang dekat dengan prosesor , dan menerima lebih banyak panas, sehingga umurnya lebih panjang dibandingkan kapasitor biasa.
e.       Pilihlah Motherboard yang arsitekturnya baik dan efisien.
Pabrikan yang terkenal umumnya memiliki arsitektur/layout Motherboard yang baik. Sehingga pemasangan komponen lainnya seperti memori, prosesor dan VGA Card tidak saling menghalangi satu sama lain.
Motherboard yang arsitekturnya baik akan memudahkan pemasangan, sistem perkabelan dan mendukung semua ukuran periferal, serta memiliki sistem aliran udara yang baik (airflow) bila ditambahkan dengan beberapa kipas casing.
f.       Pilihlah Motherboard dari pabrikan dan merk yang terpercaya.
Untuk hal yang satu ini, anda dapat menanyakannya kepada teman anda. Bagaimana testimoni mereka saat menggunakan merk tersebut. Dan jangan ragu untuk menanyakan secara detil tentang Motherboard yang akan anda beli kepada toko penjual.
Usahakan membeli motherboard pabrikan Taiwan, karena motherboard dari pabrikan Taiwan bahan bakunya lebih berkualitas dan berteknologi tinggi.


g.      Kelengkapan dan garansi Motherboard dalam kemasan saat membeli.
Pastikan anda menerima barang dengan kondisi lengkap. Umumnya didalam kemasan akan disertakan dua kabel Floppy/ATA/SATA, Back Panel (penutup belakang motherboard setelah dipasang pada casing), Buku manual, buku garansi, serta CD Driver.Pastikan juga anda menerima Motherboard dengan kondisi komponen yang baik. Periksa apakah ada goresan, atau komponen yang pecah, karat,  kotoran, ataupun pin prosesor yang membengkok/patah pada saat membeli.
Pilihlah Motherboard yang garansinya panjang dan terpercaya. Umumnya 1 s.d 5 tahun. Dan pastikan service centernya ada dikota anda, sehingga bila suatu saat Motherboard anda rusak, anda dapat cepat membawanya ketempat service untuk diklaim garansinya, dan cepat juga selesai servisnya.
2.      Processor (Central Processing Unit/ Mikroprosesor)
3.      Video Graphics Adaptor
4.      Sound Card
Sound card ialah peralatan computer yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog (sinyal suara) dan sebaliknya mengubah sinyal analog (sinyal suara) menjadi sinyal digital seperti music, video, film yang disimpan pada computer dan sebagainya.
Beberapa fungsi dari sound card:
  1. Mengkoversi sinyal digital dan analog ke bentuk gelombang sonic.
  2. Sebagai alat yang membantu memproses audio atau suara komputer.
  3. Memanjakan User.
  4. Merekam suara dari luar.
  5. Meningkatkan kualitas input dan output suara atau audio misalnya kualitas audio surround HD, home theater, dan bioskop.
  6. Membantu menambahkan fitur-fitur pengolahan suara seperti bass booster, 3D sound, theater sound, live sound dan berbagai fitur lengkap lainnya.
  7. Membantu mengatur besarnya volume dan equalizer suara yang keluar atau masuk (rekaman).
  8. Mengkonversi audio dari piringan hitam atau kaset pita kedalam bentuk audio data digital.
  9. Mengolah data suara rekaman (suara input) baik secara langsung bicara atau melalui perangkat headset atau perangkat ketiga seperti amplier atau microphone.
  10. Membantu editing dan mengolah suara atau audio musik.
11.  Memberikan variasi suara pada computer
12.  Lagu-lagu mp3 yang terdapat di computer dapat didengar melalui speaker yang dihubungkan pada computer
13.  Suara dari pengguna (dari luar) dapat direkam dan disimpan dalam bentuk file suara (audio) didalam computer.
Jenis-jenis Sound Card
v  Sound Card OnBoard
Sound Card Onboard merupakan card yang menempel langsung pada motheboard komputer. Sound card onbroad berbentuk seperti chipset yang langsung terpasang pada motheboard komputer dan membutuhkan tenaga processor. Sound card jenis ini dapat ditemui pada hampir semua motherboard yang ada di komputer anda. Dan jenis sound card seperti ini cocok jika anda hanya menggunakan aplikasi multimedia untuk mendengarkan musik dan suara dari film atau vidio kesukaan anda.
v  Sound Card OffBoard
Sound Card Offboard merupakan sound card yang dipasangkan pada slot ISA atau PCI yang ada dimotherboard komputer. Sound card jenis ini mempunyai kualitas suara yang bagus dari pada sound card onboard, yang bisa menmantapkan bunyi atau suara dari input ataupun suara output dengan hasil yang bagus dan memuaskan. Itu terjadi karena harganya sound card ini memiliki harga yang mahal.
v  Sound Card External
Sound Card External juga merupakan sound card yang di pasang melalui sebuah port external (USB atau FireWire). Sound card semisal ini merupakan model terbaru yang saat ini ini tidak sedikit dibutuhkan, selain hasil suaranya mempunyai kualitas, pemasangannya pun tinggal plug and play. Soundcard eksternal ini cocok dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan perekaman bunyi. Beberapa produsen sound card yng mencapai maupun meraih keberhasilan di Indonesia antara lain sound blaster serta creative labs.
Kerja sound card sehingga dapat mengeluarkan suara adalah sebagai berikut:
a.       Aksi yang dilakukan user membuat data digital berupa berkas audio atau yang mengandung konten audio bisa dibaca dari harddisk dan kemudian diteruskan kepada CPU.
b.      CPU meneruskan data digital tersebut ke unit DSP yang ada di sound card.
c.       DSP kemudian mengekstrak data digital tersebut.
d.      Aliran data digital yang terekstrak oleh DSP tersebut menjalani proses secara real-time oleh sirkuit chip DAC, dan menciptakan sinyal analog yang dapat pengguna nikmati via headphone atau speaker.
5.      Power Supply










Perangkat Output
1.      Monitor

Monitor adalah sebuah perangkat output yang penting. Monitor merupakan perangkat output standar yang ada di dalam komputer, yang termasuk ke dalam display hardware. Saat ini, monitor sudah berkembang menjadi bentuk yang sangat modern, dengan penggunaan LCD dan juga LED, serta daya listrik yang lebih hemat, ketajaman gambar yang jauh lebih baik, serta ukuran layar yang bisa mencapai lebih dari 21” untuk sebuah komputer.
Fungsi dari monitor :
Monitor sendiri memiliki fungsi yang sangat vital, karena apabila tidak ada monitor, maka kita tidak dapat melihat apa yang dioalah di dalam komputer kita. berikut ini adalah beberapa fungsi dari monitor :
·         Untuk menampilkan display output dari hasil pemrosesan informasi di dalam CPU
·         Agar user menjadi lebih jelas dalam menganalisa output
·         Sebagai media hiburan, terutama monitor dengan resolisi layar yang tinggi
2.      Projector
Projector merupakan perangkat output berikutnya. Projector merupakan perangkat yang berkerja dengan cara memproyeksikan output dari sebuah komputer ke dalam bentuk cahaya. Proyektor memiliki luas area yang besar, terutama apabila dibandingkan dengan monitor biasa. Maka dari itu, proyektor banyak dimanfaatkan untuk kepentingan presentasi dan juga hiburan.
Fungsi dari projector
Berikut ini adalah beberapa fungsi utama dari projector :
·         Sebagai pengganti monitor dalam menampilkan output
·         Mengubah sinyal digital dari komputer menjadi cahaya
·         Memproyeksikan output dari komputer
·         Memperbesar output yang ada pada monitor
·         Media presentasi
3.      Printer
Printer merupakan perangkat output komputer yang digunakan untuk mencetak dokumen yang ada didalam computer, laptop, notebook menjadi dokumen dalam bentuk kertas.
Berikut ini adalah beberapa fungsi dari printer :
v  Sebagai media mencetak dokumen
v  Sebagai media pencetak foto
v  Dapat berperan ganda sebagai scanner
Kriteria memilih jenis printer yaitu:
v  Jenis printer
v  Ketajaman hasil cetakan
v  Kecepatan mencetak
v  Harga
4.      Plotter
Plotter adalah printer, namun memiliki ukuran dan juga utilitas yang lebih besar dibandingkan dengan printer. apabila printer biasa memiliki keterbatasan dalam melakukan pencetakan dokumen, seperti ukuran kertas dan juga jumlah serta ketajaman warna, maka plotter memiliki fungsi dan jugaspesifikasi yang kompleks.
Plotter memiliki ukuran yagn sangat besar, dan biasanya digunakan untuk mencetak spanduk, banner, billboard, dan berbagai bentuk file digital yang harus dicetak dalam media – media yang berukuran sangat besar, biasanya minimal ukuran A3 atau A 2.
5.      Speaker
Speaker merupakan perangkat keras komputer yang merupakan bagian dari output komputer. Fungsi utama dari speaker adalah mengolah sinyal suara digital di dalam komputer, sehingga menjadi sinyal suara analog, dan bisa didengarkan oleh telinga manusia. Biasanya speaker sudah emrupaakn fitur standar di dalam komputer.
Akan tetapi, beberapa orang yag tidak puas, seringkali mengganti speaker mereka dengan speaker dengan kualitas audio yang bagus dan memanjakan (audiophile).
Alat Penyimpanan Data
1.      Harddisk
Harddisk adalah sebuah perangkat computer yang berfungsi sebagai media penyimpanan
2.      CD/DVD Drive
CD/DVD Drive adalah dua media penyimpanan bergerak yang menggunakan teknologi optik. Bergerak artinya data yang di disimpan di CD dapat dibaca dari satu computer ke computer yang lain.sedangkan menggunakan teknologi optik artinya proses pembacaan, penulisan, dan penghapusan data dari dan ke CD / DVD dilakukan menggunakan sinar laser merah.
Jenis-jenis CD / DVD antara lain:
v  CD ROM / DVD ROM
v  CD-R / DVD-R
v  CD+R / DVD+R
v  CD RW / DVD RW (Compact Disk Rewriteable)
3.      Blu-ray Disk
Blu-ray Disk merupakan teknologi paling baru untuk media penyimpanan disk menggunakan teknologi optik.



4.      Floppy Drive

5.      Memori
v  Random Access Memory
v  Read Only Memory







6.      Flashdisk
Perangkat Tambahan Pada Komputer, Laptop dan Notebook
Komputer juga dilengkapi dengan perangkat-perangkat jaringan dan internet. Perangkat jaringan memungkinkan sebuah komputer terhubung dengan computer lain dalam sebuah jaringan. Sedangkan perangkat internet digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet dan membuat pengguna dapat mengakses internet dari komputer tersebut.
a.       Modem
Modem (modulator demodulator) berfungsi mengubah signal digital menjadi signal analog (sinyal listrik atau gelombang radio) dan mengubah signal analog menjadi signal digital.
b.      Kartu jaringan LAN card
Kartu jaringan LAN card adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu computer dengan computer lain dalam sebuah jaringan local serta saling berkomunikasi dan mempertukarkan data dan informasi.
Juga dilengkapi dengan port untuk konektor RJ45
c.       Bluetooth
Bluetooth adalah sebuah teknologi komunikasi nirkabel yang beroperasi pada pita frekuensi 2,4 GHz.
Perangkat yang terdapat Bluetooth meliputi computer desktop, notebook, handphone, PDA, headset, kamera, printer dan sebgainya.
Kemampuan Bluetooth untuk mentransfer data sampai pada jangkauan 100 meter.
d.      Kartu Wifi

Kartu wifi adalah kartu elektronik yang digunakan agar computer dapat menangkap signal Wifi dari sebuah jaringan Wifi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LANGKAH LANGKAH MEMBUAT PAKAN TERNAK BABI

ALAT DAN BAHAN PERSIAPAN UNTUK PEMBUATAN PAKAN  TERNAK BABI Perlu diketahui alat dan bahan yang digunakan untuk praktek pakan ternak babi me...