Selasa, 12 Februari 2019

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (MENGENAL BERBAGAI PERANGKAT LUNAK/SOFTWARE)

MENGENAL BERBAGAI  PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)

Perangkat lunak atau software adalah perangkat yang berupa program-program yang terdapat dalam sebuah komputer. Perangkat lunak yang ada saat ini dibuat  oleh para pembuat perangkat lunak (software developer) dengan cara menuliskan kode-kode program. Kode program ditulis menggunakan kata (istilah) dan aturan tertentu. Gabungan Antara kata dan aturan tersebut dikenal dengan istilah Bahasa pemrograman.
Perangkat lunak pemrograman adalah perangkat lunak yang berfungsi sebagai alat bantu pemrogramer menuliskan kode-kode program. Programmer adalah sebutan bagi orang yang menuliskan kode program. Ada banyak Bahasa pemrograman yang umum digunakan, Antara lain Assembly, fortran, cobol, pascal, basic, C/C++, java, C#(C sharp), j#, python, smalltalk, perl, dan sebagainya. Saat ini ada banyak pemrograman yang dikenal dengan menggunakan berbagai Bahasa pemrograman, Antara lain java developer kit (JDK), visual studio, Borland Delphi, Borland C++ builder, borlan Jbuilder, dan masih banyak lagi.
Perangkat Lunak Sistem
Perangkat lunak sistem adalah perangkat lunak yang membantu sistem dan perangkat keras computer bekerja sebagaimana mestinya. Perangkat lunak yang termasuk perangkat lunak sistem adalah sistem operasi dan utilitas. Perangkat lunak sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak(Software), serta sebagai jurik (daemon) untuk program komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting.Sistem operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya. Contoh sistem operasi modern adalah Linux, Android, iOS, Mac OS X, dan Microsoft Windows.
Perangkat lunak utilitas adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menjamin fungsi-fungsi yang ada di sistem dapat bekerja dengan baik. Perangkat lunak utilitas digunakn untuk membantu perangkat keras (hardware), sistem operasi, fasilitas penyimpanan, dan aplikasi-aplikasi lain bekerja dengan lebih efisien. Pada umumnya, perangkat lunak sistem operasi dilengkapi dengan fitur-fitur perangkat lunak utilitas.
Fitur-fitur perangkat lunak utilitas  meliputi utilitas internal dan utilitas eksternal.
a.       Utilitas internal adalah utility yang sudah tertanam pada operasi sistem windows, secara default utilitas internal sudah terinstall pada saat selesai menginstall windows. Contohnya notepad (menulis), wordpad (menulis), windows media player (multimedia), games, calculator, paint (menggambar), snipping tool (memotong dokumen atau aplikasi yang lainnya yang ingin di potong dalam bentuk gambar atau foto)dan lain-lain.






Contoh Gambar Utilitas Internal Secara Default Terinstall Pada Saat Selesai Menginstall Windows
*Notepad
*WordPad
*Windows Media Player 

*Games

*Calculator
*Paint

 

*Snipping Tool

b.      Utilitas Eksternal
Macam-macam utilitas eksternal meliputi:
1.      Disk compression utilites/utilitas adalah perangkat lunak yang digunakan sebagai alat bantu untuk mengompres data dan mengembalikan data yang sudah dikompres ke bentuk aslinya. Contohnya doubledisk gold, xtradrive, Stacker, diskdoubler, WinZip, WinRar.
2.      Pengecekan dan pembersihan disk adalah perangkat lunak yang digunakan untuk memeriksa harddisk dari berbagai kerusakan serta memeriksa berbagai file yang tidak di butuhkan dan menghapusnya sehingga penggunaan harddisk menjadi lebih efisien. Perangkat lunak ini dapat membantu meningkatkan kecepatan computer karena membuat proses pembacaan data di harddisk menjadi lebih cepat. Contohnya CHDSK, disk checker, ADRC Hard Disk Checker, dan sebagainya.
3.      Sistem profiler adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menyediakan informasi kepada pengguna (user) tentang aplikasi yang terinstall di computer dan perangkat keras yang terhubung ke sistem. Contohnya CPU speed pro, SekCek Local, sisoft SANDRA, Lavalys EVEREST Ultimate, Edition, Belarc, HwiNFO32, dan lain-lain.
4.      Antivirus adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melindungi computer dari serangan virus, spyware, adware, dan program berbahaya dan mencurigakan lainnya. Contohnya Symantec Norton Antivirus, Ad-Ware pro, ESET NOD32, McAfe VirusScan, Windows Live OneCare, SmadAv Antivirus, Avira, Windows Defender, Avast dan lain-lain.
5.      Backup utilities adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mem-backup data dan informasi yang ada didalam computer. Backup data perlu dilakukan untuk menjaga agar data dan informasi yang disimpan dikomputer tidak hilang jika terjadi gangguan atau kerusakan di computer. Contohnya Windows Home Server Computer Backup, Norton Ghost, Backup Exec, NetBackup, IBM Tivoli Storage Manager, dan EMC Legato NetWorker.
6.      Partisi Disk adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membagi harddisk computer menjadi beberapa partisi (beberapa drive). Partisi harddisk  memberikan keuntungan karena dapat mencegah seseorang untuk meningkatkan secara tidak sengaja memodifikasi file-file sistem. Contohnya Microsoft disk, Logical Disk Manager, Partition Master, dan Maxblast.
7.      Network utilitas adalah perangkat lunak yang digunakan untuk berbagai aspek koneksi di jaringan computer. Contohnya IPconfig, Traceroute, NSlookup, spray, dan lain-lain.
8.      Burnning (pembakar CD) digunakan untuk bakar/burning data pada CD-RW ROM sebagai media penyimpanan data. Contohnya Ahead Nero 6, Ashampoo Burnning
9.      Multimedia adalah software yang mampu mengolah gambar dan suara. Contohnya Winamp, powerDVD, WinDVD, VLC Media Player, KMP Media Player, Media Player Clasic321 ACDSee, Proshow Gold, QuickTime.
10.  Office dan internet.
Contoh Office : Microsoft Office Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, Microsoft Accses. Contoh internet : Internet Explorer, Mozilla FireFox, Google Chrom, Netscape, Opera, Badiu browse

Contoh Gambar Utilitas Eksternal
1.      Contoh gambar utilitas eksternal disk compression
a.       doubledisk gold,
b.      xtradrive
c.       Stacker
d.      Diskdoubler
e.       WinZip
f.       WinRar.
2.      Contoh gambar utilitas eksternal pengecekkan dan pembersihan disk
a.       CHDSK
b.      disk checker
c.       ADRC Hard Disk Checker
3.      Contoh gambar utilitas eksternal system profiler
a.       CPU speed pro
b.      SekCek Local
c.       sisoft SANDRA
d.      Lavalys EVEREST Ultimate
e.       Edition
f.       Belarc
g.      HwiNFO32
4.      Contoh gambar Backup Utilitas eksternal Antivirus
a.       Symantec Norton Antivirus
b.      Ad-Ware pro
c.       ESET NOD32
d.      McAfe VirusScan
e.       Windows Live OneCare


f.       SmadAv Antivirus
g.      Avira
h.      Windows Defender
i.        Avast
5.      Contoh gambar utilitas eksternal backup utilities
a.       Windows Home Server Computer Backup
b.      Norton Ghost
c.       Backup Exec
d.      NetBackup
e.       IBM Tivoli Storage Manager
f.       EMC Legato NetWorker.

6.      Contoh gambar utilitas eksternal Partisi Disk
a.       Microsoft Disk
b.      Logical Disk Manager
c.       Partition Master
7.      Contoh gambar utilitas eksternal Network (jaringan)
a.       IPConfig
b.      Traceroute
c.       NSLookup
d.      Spray
e.       Router
8.      Contoh gambar utilitas eksternal Burnning (Pembakar CD)
a.       Ahead Nero6
b.      Ashampoo Burning


9.      Contoh gambar utilitas eksternal Multimedia
a.       Winap

b.      PowerDVD
c.       WinDVD
d.      VLC Media Player

e.       KMP
f.       Media Player Clasic321

g.      GOM Player
h.      ACDSee
i.        Proshow Gold

j.        QuickTime
10.  Contoh gambar utilitas eksternal Office
a.       Microsoft Office Word
b.      Microsoft Excel
c.       Microsoft PowerPoint
d.      Microsoft Access

Contoh gambar utilitas eksternal Internet
a.       Internet Explorer
b.      Mozilla Firefox
 
c.       Google Chrom
d.      Netscape
e.       Opera
f.       Badiu Browser
PERANGKAT LUNAK APLIKASI
Perangkat lunak aplikasi adalah perangkat lunak yang dirancang  untuk menjalankan pekerjaan-pekerjaan yang khusus. Perangkat lunak ini digunakan sesuai dengan tujuan pembuatannya dan tidak dapat digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan yang lain. Contohnya pengolah kata (Microsoft Word), pengolah angka (Microsoft Excel), perangkat lunak presentasi (Microsoft Powerpoint), perangkat lunak multimedia, perangkat lunak database, perangkat lunak enterprise, perangkat lunak information worker, perangkat lunak pendidikan, perangkat lunak simulasi, perangkat lunak content Access.
1.      Pengolah kata (Microsoft Word) adalah perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk membuat, memformat, dan mengedit dokumen yang diinginkan sesuai kebutuhan penggunanya. Contohnya Microsoft Office Word, Oracle Open Office Writer, OpenOffice.org Writer, WordPerfect, Lotus Word Pro dan lain-lain.
Contoh gambar Microsoft Pengolah Kata
2.      Pengolah Angka (Microsoft Excel) adalah perangkat lunak yang memungkinkan pengguna dapat melakukan berbagai operasi perhitungan dan pengelolaan data terutama data yang berupa angka. Perangkat lunak pengolah angka dilengkapi kemampuan untuk mengorganisasi data dan membuat grafik menggunakan data yang ada. Contohnya Microsoft Office Excel, KSpread, Oracle Open Office Calc, OpenOffice.org Calc, XESS, Lotus 1-2-3, Abacus, GNumeric, dan sebaginya.
3.      Perangkat Lunak Presentasi adalah perangkat lunak yang di gunakan untuk membuat, mengedit, dan menjalankan presentasi. Kemampuannya menampilkan file dalam bentuk slide. Informasi yang dapat ditampilkan di slide berupa teks, grafik, table, gambar, animasi, suara dan video. Contohnya Microsoft PowerPoint, Oracle Open Office Impress, Open Office.org Impress, KPresenter, dan sebagainya.
4.      Perangkat lunak multimedia adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat dan mengedit file audio dan video. Perangkat lunak jenis ini dilengkapi dengan kemampuan untuk merekam suara dan video, menjalankan file suara dan video, serta melakukan pengeditan pada file-file suara dan video. Contohnya CyberLink PowerDirector, Corel VideoStudio Pro X3, Adobe Premiere Elements, MAGIX Movie Edit Pro, VideoPad, Pinnacle Studio HD, BandiCam, Camtasia, MoveMaker, Macromedia Director, Pro ShowGold dan lain-lain
5.      Perangkat Lunak Database adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menyimpan data secara terstruktur. Perangkat lunak jenis ini dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan, mengelola, dan menampilkan data dalam format yang terorganisir, juga dilengkapi dengan kemampuan untuk menjaga hak akses pengguna agar pengguna yang tidak berhak mengakses data yang ada di database. Biasanya dipakai pada perusahaan-perusahaan dan perkantoran. Contohnya Microsoft Office Access, Microsoft SQL Server, MySQL, Oracle, dan sebagainya.
6.      Perangkat lunak Enterprise perusahaan (Enterprise Software) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membantu aktivitas dan aliran data dalam sebuah perusahaan. Perangkat lunak ini mencakup perangkat lunak yang digunakan untuk melayani pelanggan, administrasi keuangan, dan aktivitas-aktivitas  lain. Dipakai pada beerapa perusahaan saja atau organisasi sejenis saja seperti BANK, Rumah Sakit, Hotel, Kampus, Sekolah dan lain-lain. Contohnya Perangkat lunak Enterprise Resources Planning, Perangkat lunak Sistem Informasi Akuntansi, Perangkat lunak Custumer Relationship Management, Financial Customer relationship management  Supply chain managementdan sebagainya.
7.      Perangkat lunak informasi kerja (software information worker) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan data dan informasi pekerja atau departemen tertentu agar dapat menjalankan aktivitasnya. Paling banyak dipakai di Sekolah-sekolah, Kampus Perguruan tinggi. Contoh Absensi Finger Print.
8.      Perangkat lunak pendidikan adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melatih atau memberikan pengetahuan atau keahlian baru. Kemampuan perangkat lunak ini untuk menjalankan tes dan menelusuri kemajuan. Digunakan untuk proses pembelajaran dan belajar mandiri. Contohnya Belajar TOEFL, belajar mengetik, belajar matematika, belajar IPA. Contoh aplikasinya E-learning, E-book
9.      Perangkat lunak simulasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mensimulasikan secara fisik sesuatu, biasanya untuk tujuan penelitian, percobaan, dan hiburan. Contoh aplikasi simulasi penerbangan untuk melatih pilot atau orang yang sedang belajar menerbangkan pesawat, simulasi mobil untuk menguji tingkat keamanan sebuah kendaraan dan sebagainya.

10.  Perangkat lunak content accsess adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses content (data dan informasi) tanpa melakukan perubahan pada data atau informasi tersebut. Contohnya browser Web dan media player.































Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LANGKAH LANGKAH MEMBUAT PAKAN TERNAK BABI

ALAT DAN BAHAN PERSIAPAN UNTUK PEMBUATAN PAKAN  TERNAK BABI Perlu diketahui alat dan bahan yang digunakan untuk praktek pakan ternak babi me...